Senin, 11 Februari 2013

Doa Rasulullah Saw. dalam Menghadapi Hujan yang Terus-Menerus Turun

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

"Allahumma hawaalainaa walaa 'alainaa. Allahumma 'alal aakaami wazh zhiroobi wa buthuunil audiyah, wa manaabitisy syajar"

Artinya: Ya Allah, turunkanlah air hujan di daerah sekitar kami, tidak hanya di tengah-tengah kami. Ya Allah, turunkanlah air hujan di perbukitan, daerah-daerah kering, palung-palung oase, dan hutan-hutan resapan air. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika hujan turun dengan deras dan terus-menerus di tempat kita, kita dianjurkan membaca doa di atas. Dengan doa ini kita memohon kepada Allah agar hujan dialihkan ke daerah-daerah sekitar sehingga tidak menimbulkan malapetaka di tempat tinggal kita.

Daerah-daerah tersebut adalah daerah-daerah yang dapat menyerap lebih banyak curahan hujan, yaitu wilayah yang kekeringan, perbukitan, palung oase, dan hutan-hutan resapan air. Ditempat-tempat tersebut air hujan dapat tersimpan sehingga tidak menimbulkan banjir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar