Minggu, 13 Mei 2012

Manfaat Minum Air Putih bagi Penderita Asma


Sekitar empat tahun yang lalu saya mulai mengalami sesak nafas (asma). Awal mulanya ketika saya tinggal di kota Pangkalpinang Bangka Belitung. Cuaca yang panas menyengat membuat sekujur tubuh sering berkeringat. Oleh karenanya saya sering menggunakan kipas angin sebagai sarana untuk mengurangi panas tersebut. Tidak hanya di siang hari, di malam hari pun saya sering menggunakannya. Lama kelamaan kebiasaan itu tidak menyehatkan saya. Saya sering mengalami sesak nafas terutama saat akan tidur di malam hari. Hal ini membuat saya kesulitan untuk dapat tidur dengan nyenyak. Akhirnya terpaksa saya begadang sampai mata saya mengantuk dan kemudian baru tertidur karena kelelahan.Ketika asma saya kambuh, saya ke dokter. Lalu dokter memberikan saya obat. Kira-kira setahun dua kali saya ke dokter. Setelah minum obat, saya kembali sehat dan dapat beristirahat dengan nyaman dan tenang (tidak berisik ngik-ngik). 

Setahun belakangan ini saya menemukan cara untuk mengatasi sesak nafas saya. Bukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mahal atau pergi ke dukun minta di jampi atau mengkonsumsi obat-obatan yang tidak jelas kandungan serta manfaatnya. Saya sudah mencoba minum beberapa jenis herbal tetapi tidak ada yang cocok dengan kondisi saya. Ternyata caranya mudah dan obatnya sangatlah murah. Yaitu dengan rajin minum air putih. Tidak perlu dihangatkan dan tidak perlu didinginkan. Tidak perlu minum banyak sekaligus . Yang penting sedikit demi sedikit tetapi sering. Misalnya ketika tubuh saya memberikan sinyal ada yang tidak beres dalam tubuh saya, maka saya segera minum air putih seteguk atau dua teguk. Begitu seterusnya hingga kini asma saya tidak kambuh lagi. Alhamdulillah.

Mengapa tidak perlu minum banyak sekaligus? Bagi saya yang penting adalah membasahi jalur pencernaan dan pernafasan saya yang semula kering. Kalau saya minum banyak sekaligus dan sering, bisa-bisa saya akan sering pula mondar-mandir ke WC. Hal ini jelas mengganggu aktivitas saya. Terutama ketika saya sedang membutuhkan konsentrasi dalam pekerjaan saya. Lagi pula tidak semua air yang keluar dalam tubuh kita dalam bentuk air kencing, tapi bisa juga dalam bentuk keringat. 

Sebelumnya saya tidak tahu manfaat minum air bagi penderita asma. Saya hanya merasa nyaman ketika saya selesai minum. Karena pengalaman saya ini, saya membiasakan diri untuk rajin minum setiap hari. Baru saya mengetahui manfaat minum air putih setelah saya membaca beberapa artikel di internet tentang manfaat minum air putih, khususnya bagi penderita asma. 

Apa yang menjadi penyebab seseorang menderita asma? Inilah pertanyaan pertama yang harus kita jawab sebelum memberikan solusi. Ternyata penyebabnya adalah banyaknya sel-sel yang hipersensitif beredar dalam tubuh. Itulah yang menyebabkan asma sering kambuh bagi penderitanya. Apa yang membuat sel-sel tersebut hipersensitif? Hal ini disebabkan karena polusi udara, cuaca yang dingin, debu, olahraga dan kadang bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan. 

Lalu, mengapa tubuh memerlukan air dan apa hubungannya dengan penderita asma? Fakta medis menyebutkan lebih dari 60% tubuh manusia terdiri dari air. Fungsi air ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan sari makanan, sirkulasi darah dalam tubuh, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Maka,dengan sering minum air putih,maka dapat membersihkan dan mengencerkan darah, hal inilah yang juga mengurangi sel-sel hipersensitif. 

Ternyata sangat mudah dan murah menyembuhkan asma .Tidak hanya satu atau dua manfaat tetapi multi manfaat yang dapat kita peroleh dari air. Hal ini dibuktikan sendiri oleh Rasulullah. Di mana beliau menjadikan air sebagai medium alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain kita memperoleh kesembuhan dari minum air, kita juga memperoleh pahala jika kita berniat berittiba mengikuti sunnah Rasul ini. Bukankah ini adalah suatu keutamaan yang besar bagi dunia dan akhirat kita?  

7 komentar:

  1. terima kasih sharenya mas, memang tersiksa sekali rasanya klau sudah kambuh. akan saya coba tipsnya mudah2an ini jalan yang diberikan Allah, Bismillah

    BalasHapus
  2. sory ya mas..............itu motto blognya salah tulis.harusnya bukan tafaqqur,tapi tafakkur.thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. o iya, terimakasih atas masukannya, sudah saya ganti

      Hapus
  3. Semoga menjadi obat yang dpt menghilangkan asma saya,amiin.
    Hampir putus asa dengan penyakit ini,tersiksa sekali.

    BalasHapus
  4. Semoga menjadi obat yang dpt menghilangkan asma saya,amiin.
    Hampir putus asa dengan penyakit ini,tersiksa sekali.

    BalasHapus