Jumat, 21 Juni 2013

Apakah Anda Termasuk Orang yang Kreativitasnya Menurun?


Asyik baca buku Kreativitas-nya Dale Timpe terbitan Gramedia yang tebalnya lebih dari 700 halaman. Tiga jam baca buku itu, benar-benar mencerahkan pikiran saya. Habis baca gitu, terbetik gagasan dan ide yang jernih keluar dari akal pikiranku. 

Menurut hasil penelitian yang dikutip Dale Timpe, semakin dewasa kita atau semakin beranjak umur kita, semakin menyusut kreativitas kita. Orang yang benar-benar kreativ pada umur 42-45 hanya berkisar pada 2 % saja. Mari kita bandingkan dengan usia 7 tahun, penelitian itu mengatakan pada usia ini terjadi peningkatan hingga mencapai 10 %. Yuk mundur lagi ke belakang saat dimana usia 5 tahun berada. Apa yang terjadi? Ternyata orang yang kreativ pada umur ini melonjak sampai 90 %. 

Nah dari sanalah saya mulai berpikir, merenung dan mengkaji lebih lanjut, dengan dua pertanyaan: apa yang menjadi sebab-sebab kreativitas tidak jalan? Dan bagaimana cara agar kita mampu hidup dengan kreativitas itu? Seperti orang-orang rasionalis yang menganggap bahwa sebenarnya “idea” sudah ada dari sononya. Kita hanya berusaha menggalinya kembali setelah memendamnya cukup lama. Kita hanya menggosoknya hingga bersih sehingga akan terlihat kilaunya. Jadi hidup kita berkilau ya? Iya, gosok aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar