Jumat, 26 September 2014

Ingatlah Allah Dikala Senang, Allah Akan Mengingat Anda Ketika Susah

Sudah biasa orang berkeluh kesah disaat gelisah. Tapi sungguh luar biasa ketika Allah diingatinya saat sedang bahagia.

Tidakkah engkau mengingat kisah tiga orang yang terperangkap di dalam goa? Mereka berhasil menyelamatkan diri setelah menyebut amal-amal saleh yang pernah mereka lakukan.

Tidakkah juga engkau mengingat kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan paus? Selama tiga hari berada di dalam gelapnya rongga. Lalu Allah perintahkan ikan paus tersebut untuk mengeluarkan Nabi Yunus. Karena dia adalah hamba-Nya yang banyak berdzikir, mengingat-Nya; bertasbih, mensucikan-Nya. Maka tidaklah sukar baginya mendapat pertolongan Allah.

Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah berkata, "Amal soleh bisa memberikan pertolongan kepada pelakunya di sisi Allah dan menjadi sebab dia diperhatikan ketika dalam kondisi kesusahan. Allah ta’ala berfirman tentang Dzun Nun (Nabi Yunus), "Kalau sekiranya dulu dia bukan termasuk orang-orang yang banyak bertasbih, Niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit." (Madarij as-Salikin, 1/329).

Amal saleh yang engkau lakukan hari ini akan menyelamatkanmu dikemudian hari. Setiap untaian zikir yang engkau baca di saat lapang, akan menjadi pengingat Allah untuk mengingat engkau disaat engkau susah.

”Ingatlah Rabmu ketika lapang, dia akan mengingatmu ketika susah.” (HR. Ahmad).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar