Jumat, 23 Maret 2012

Seperti Apa Perbuatanmu, Seperti Itulah Balasannya

مَاعِندَكُمْ يَنفَدُ وَمَاعِندَ اللهِ بَاقٍ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَاكَانُوا يَعْمَلُونَ

"Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl: 96).

Aduhai ayat ini begitu lembut menyusup ke dalam kalbu, seolah memberikan penawar bagi jiwa yang resah. Wahai sahabatku dimanapun engkau kini berada, apa yang ada di sisi kita pasti akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Semua harta yang kita kumpulkan pasti lenyap, dan yang tersisa adalah apa yang kita sedekahkan. Airmata kita akan lenyap, dan yang tersisa adalah airmata taubat. Anak dan istri kita akan lenyap, kecuali Allah mempertemukan kita dengan mereka di surga-Nya. Segala yang ada di dunia ini akan lenyap. Semuanya akan hilang dalam sekejap. Yang tinggal adalah kesendirian di dalam gelapnya kubur. Yang tinggal hanya kenangan di dunia. Yang tinggal hanya airmata penyesalan.

Aduhai, betapa sedikitnya amal, betapa banyaknya dosa, dan betapa jauhnya perjalanan. Sudah siapkah bekal yang telah kita persiapkan untuk menempuh perjalanan itu? Sudah siapkah kita menanggung resiko dari apa yang kita perbuat? Daun-daun berguguran pertanda musim gugur. Air turun dari langit pertanda musim hujan. Sinar matahari terasa terik pertanda musim kemarau. Tapi, pertanda apakah jika hujan turun di musim kemarau? Dan di musim hujan air turun hanya sedikit? Pertanda apakah ini? Pertanda apakah kebanjiran tetap terjadi padahal sedang di musim kemarau dan kekeringan tetap terjadi padahal sedang di musim hujan?

Apakah ini pertanda bahwa kita telah banyak berbuat dosa sehingga Allah menghalangi rezeki datang kepada kita? Ataukah Allah memang hendak menegur kita atas apa yang telah kita perbuat?

Seperti apa perbuatanmu, seperti itulah balasannya
Kebaikan itu tak akan lapuk, sementara dosa-dosa tak mungkin terlupakan
Dan para pengutang tak akan pernah nyenyak tidurnya
Seperti apa perbuatanmu, seperti itulah balasannya
(al-Hadits)

Ya Allah, betapa banyaknya manusia yang mengeluh karena cuaca yang panas, tapi mereka tidak mengeluh dosa-dosa yang telah mereka perbuat. Betapa banyaknya manusia bersedih karena hal-hal sepele, tapi mereka tidak bersedih dengan sedikitnya amal yang telah mereka lakukan. Ya Allah Yang Maha Lembut dan Penyayang kepada hamba-hamba-Nya, berikanlah kami petunjuk kepada jalan yang lurus. Dan janganlah Engkau sesatkan kami setelah Engkau beri petunjuk kepada kami. Jadikanlah kami hamba-Mu yang bertaubat atas setiap kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar