Minggu, 15 April 2012

Akibat dari Kebaikan dan Kejahatan

Hasan al-Bashri berkata, “Melakukan suatu kebaikan betapapun kecilnya, ia akan menawarkan cahaya dalam hatinya dan memberikan kekuatan pada amalnya. Barangsiapa melakukan suatu kejahatan betapapun kecilnya, lalu ia meremehkannya, maka hal itu akan mewariskan kegelapan pada hatinya dan kelemahan pada amalnya.”

Sahabatku, kebaikan yang kita lakukan akan mendorong kita pada kebaikan lainnya, sedangkan keburukan yang kita lakukan akan mendorong kita pada keburukan lainnya. Kebaikan adalah cahaya, sedangkan keburukan adalah kegelapan. Kebaikan adalah petunjuk, sedangkan keburukan adalah tersesat. Kebaikan mendatangkan kebahagiaan, keburukan mendatangkan kesedihan. Sungguh sangat besar perbedaan antara kebaikan dan keburukan, seperti jarak timur dan barat atau utara dan selatan. Renungkanlah hal ini wahai orang-orang yang dihatinya berhasrat pada dosa!

Janganlah engkau meremehkan dosa meskipun ia kecil, karena sesungguhnya dosa kecil jika sering dikerjakan akan bertumpuk menjadi besar, dan kemudian engkau akan hancur binasa. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw., “Janganlah sekali-kali kalian meremehkan dosa. Karena, sesungguhnya ia bisa semakin bertambah dan menumpuk pada seseorang hingga menghancurkannya.” (HR. Ahmad dan Thabrani).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar