Jumat, 26 September 2014

Semangat dan Antusias dalam Membaca

Banyak pekerjaan rumah berupa membaca buku. Selesai satu buku, datang lagi empat buku. Begitu seterusnya. Walaupun agak sulit untuk mengkhatamkan semuanya, setidaknya saya sudah menjadwalkan dengan teratur buku-buku yang saya baca selama 1 minggu. 

Bila dalam sehari kita mampu membaca 100 halaman, itu berarti dalam seminggu kita dapat membaca 700 halaman. Itu artinya kita mampu menamatkan sebuah buku yang cukup tebal. Dua buku yang saya baca di atas misalnya, bila ditotal mencapai 680 halaman.

Jumlah halaman di atas sebenarnya masih tergolong sedikit. Imam Al Anbari, misalnya, mampu membaca sebanyak 10.000 halaman dalam sepekan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, kakeknya begitu sangat antusias dalam membaca. Hingga dikamar mandi pun dia minta dibacakan buku.

Salah seorang ulama kontemporer yang saya kagumi, yakni Syaikh Muhammad Al Ghazali rahimahullah, sebagaimana dikutip Syaikh Yusuf Al Qaradhawi dalam buku Syaikh Muhammad Al Ghazali yang saya kenal mengatakan, Syaikh Al Ghazali sering membaca buku saat sedang makan.

Dalam buku Biblioholism, The Literary Addiction karya Tom Raabe menyebutkan 2 orang yang nyentrik; Lord Thomas Babington dan Thomas Herne. Keduanya punya keranjingan membaca. Sambil berjalan kaki pun tak luput dari membaca buku. Bedanya, karena saking asyiknya membaca membuat Thomas Herne nyasar dijalan.

Mungkin kita belum sampai seekstrem contoh di atas. Tapi setidaknya waktu luang dan senggang kita pergunakan dengan baik khususnya untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar