Selasa, 13 November 2012

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan


Manfaat tidur siang ternyata cukup berpengaruh bagi ke­sehatan.Berdasarkan stu­di yang dilakukan para ahli, mereka berhasil menemukan beberapa manfaat tidur siang, salah satunya untuk mengurangi kemungkinan kematian akibat serangan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Yunani juga menunjukkan bahwa tidur siang kurang lebih selama se­tengah jam, dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 37% jika dilakukan minimal 3 kali seminggu.

Sebuah penelitian berhasil meng­ungkap jika tidur siang 20 menit lebih efektif daripada mengkonsumsi 200 mg kafein.

Kelelahan yang diakibatkan otak menampung informasi yang berlebihan dapat mengganggu daya konsentrasi Anda. Jika Anda berpikir untuk tidak tidur siang karena memiliki terlalu banyak tugas yang harus dilakukan, maka asumsi Anda salah. Karena sebuah penelitian telah menunjukkan tidur siang setidaknya 30 menit dapat meningkatkan daya ingat Anda karena otak kembali fresh.

Menurut seorang ilmuwan terkemuka yang bernama Sara C. Mednick, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik Anda. Namun hal ini justru tidak terjadi saat anda tidur di malam hari.

Setiap orang normal membutuhkan tidur setidaknya 8 jam sehari. Kurang tidur dapat menyebabkan me­ningkatnya hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dikenal sebagai hormon pemicu stres, dengan tidur siang diharapkan hormon horsitol dapat berkurang dan Anda dapat kembali beraktivitas.

Kadar neurotransmitter serotonin yang kita peroleh saat tidur siang dapat membuat suasana hati menjadi tenang dan menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Menurut Mednick salah seorang ahli kesehatan, tidur siang dapat menciptakan pandangan yang lebih positif dan menenangkan pikiran anda..

Tak hanya dari sisi kesehatan tinjauannya. Jauh lebih penting la­gi, tidur siang adalah sunnah yang di­ajarkan dan dilakukan oleh Rasulullah Saw. Beliau memerintahkan kita un­tuk tidur siang dalam sabda beliau yang dinukilkan oleh Anas bin Malik r.a.,  Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb dengan sanad shahih)

Yang dimaksud dengan qailulah adalah istirahat di tengah hari, walau­pun tidak disertai tidur.

Apa yang dilakukan oleh Rasulullah ini juga diikuti oleh pa­ra sahabat. Di antaranya ‘Abdullah bin Mas’ud r.a. dalam riwayat dari ‘Umar ibnul Khaththab r.a., pernah suatu ketika ada orang-orang Quraisy yang duduk di depan pintu Ibnu Mas’ud. Ketika tengah hari, Ibnu Mas’ud me­ngatakan, “Bangkitlah kalian (untuk istirahat siang, pent.)! Yang tertinggal han­yalah bagian untuk setan.” Kemudian tidaklah Umar melewati se­orang pun kecuali menyuruhnya bangkit.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Anas bin Malik r.a. mengabarkan ke­biasaan para sahabat Rasulullah, “Me­reka (para sahabat) dulu biasa me­laksanakan shalat Jum’at, kemudian istirahat siang.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Itulah deretan manfaat tidur siang bagi kesehatan, jika Anda sebelumnya menyepelekan tidur siang karena dianggap buang waktu. Semoga de­ngan membaca artikel ini akan mem­buat Anda sadar akan dahsyatnya manfaat tidur siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar