Kamis, 08 November 2012

Bergaul dan Mencintai Ahli Masjid


Anakku, bila engkau perhatikan orang-orang yang beribadah shalat berjamaah di masjid, akan engkau dapatkan tidak semua dari mereka tinggal di dekat masjid. Di antara mereka ada yang bertempat tinggal beberapa puluh meter dari masjid. Mereka rela berjalan sejauh itu untuk beribadah kepada Allah. Sementara itu, orang-orang yang bersebelahan dengan masjid tidak shalat berjamaah. Atau mereka yang tinggal lebih dekat daripada orang-orang yang ayah sebutkan di atas. Lantas, apakah yang membedakan orang-orang tersebut dengan orang-orang yang shalat berjamaah?

Anakku, Rasulullah Saw. pernah bersabda, orang-orang yang memakmurkan masjid seperti melaksanakan shalat berjamaah maka mereka adalah orang-orang yang beriman. Sabda Rasulullah Saw. ini kabar gembira bagi ahli masjid. . 

Apa yang menggerakkan mereka untuk berangkat pergi ke masjid yang berjarak puluhan bahkan ratusan meter dari rumah mereka? Ya, tidak lain adalah iman yang bersemayam dalam dada mereka. Mereka mencintai Allah, takut kepada-Nya dan menyembah-Nya. Keimanan menggerakan mereka; keimanan menghidupkan hati mereka untuk tunduk patuh taat kepada Allah di manapun mereka berada.

Mereka adalah orang-orang yang ikhlas. Bagaimana tidak sedangkan mereka tiada mengharapkan pamrih dari manusia di antara manusia-manusia yang justru sibuk dengan urusan duniawi. Mereka hanya mengharapkan ridha Ilahi. Oleh karena itu, Allah pun menganugerahi mereka gelar "orang-orang beriman" sebagai tanda cinta-Nya kepada mereka. 

Anakku, cintailah dan bergaullah dengan ahli masjid agar engkau juga bisa menjadi ahli masjid; agar semangat beribadah mereka tertular padamu, keimanan dilekatkan Allah pada dirimu, sebagaimana Allah melekatkan iman kepada diri mereka.

1 komentar: