Minggu, 04 November 2012

Cireng Makanan Berbahaya?


Saya menyaksikan acara "Investigasi" di TransTV. Pada hari ini mengangkat berita tentang "Cireng" singkatan dari aCI digoRENG. Menurut penelusuran tim investigasi TransTV ditemukan banyak sekali Cireng yang mengandung kandungan berbahaya seperti BORAKS, PIJER, dan bahan-bahan pengawet yang melebihi ambang batas. Belum lagi ayam yang menjadi isi dari Cireng itu ternyata adalah ayam tiren atau maTi kemaRin. Mereka menggunakan ayam tiren karena oleh penjual ayam tiren sudah diberi pengawet sehingga mereka tidak perlu capek-capek lagi mengolahnya. Tim investigasi TransTV mengumpulkan cireng secara acak dari beberapa penjual cireng dan hasilnya sebagian besar cireng itu berbahaya bila dimakan. Kabarnya bila sering memakannya lama kelamaan kandungan itu mengendap di dalam tubuh lalu dapat mengakibatkan kanker dan peradangan pada alat pencernaan.

Saya yang menyimak informasi ini sangat kaget. Saya termasuk orang yang sangat senang dengan cireng. Biasanya kalau saya makan gorengan tidak lupa membeli cireng. Rasanya kurang afdhol kalau tidak makan cireng. Pokoknya cireng adalah gorengan favorite saya. Yang sering saya makan adalah cireng biasa. Harga Cireng biasa Rp. 500, sedangkan untuk cireng Bandung atau cireng isi dibandrol harga Rp. 1000. Cireng harga 500 biasanya diisi dengan oncom atau kacang, ada juga yang tidak diisi alias aci doang. Sedangkan cireng isi bervariasi, ada yang di isi daging ayam, sapi, sosis hingga keju. Yang menjadi sorotan investiigasi adalah Cireng isi. Alhamdulillah saya jarang membelinya namun suka juga untuk memakannya. Apalagi kalau gratis ^_*.   

Nah, kalau sudah dapat informasi seperti ini, lebih baik kita berhati-hati. Kalau mau membeli cireng lihat-lihat juga cirengnya. Tim investigasi memberikan tips, cireng yang baik bila dicium akan bau bumbu sedangkan yang buruk sebatas bau tepung. Bila sudah digoreng, cireng yang baik ketika dirobek masih terasa kenyal dan lengket bagian dalamnya sedangkan cireng yang buruk sebaliknya. Jauh lebih baik kita buat cireng sendiri di rumah. Jadinya seratus persen aman dan halalan thoyyibah.

Baca juga: 
http://abu-farras.blogspot.com/2012/10/memakan-makanan-rumah-lebih-sehat-dan.html 

http://abu-farras.blogspot.com/2012/06/68-jajanan-disekolah-mengandung-bahan.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar