Selasa, 13 Agustus 2013

Mau Masuk Perguruan Tinggi Di Turki? Belajar dulu Agama Islam

Subhanallah, setelah partai Islam menang pemilu di Turki, pemerintah Turki saat ini memasukkan ujian agama di semua kampusnya; entah kampus agama, eksak, teknik, maupun humaniora. Jadi, bila ingin masuk perguruan tinggi di Turki jangan lupa belajar tentang agama Islam.

=====
Untuk pertama kalinya materi agama akan dicantumkan dalam ujian masuk universitas di Turki.

Para pejabat pendidikan Turki mengatakan ujian masuk perguruan tinggi di negara itu akan meliputi ujian agama mulai tahun 2013.

Berdasarkan peraturan baru, calon mahasiswa diharuskan menjawab sejumlah pertanyaan tentang agama sebagai syarat masuk ke universitas.

"Siswa akan menjawab pertayaan-pertanyaan tentang agama, kebudayaan dan moralitas," kata Kepala Pusat Penempatan dan Seleksi Mahasiswa, Ali Demir seperti dilaporkan media Turki.

Dengan ketentuan itu, untuk pertama kalinya materi agama masuk ke dalam ujian masuk perguruan tinggi Turki dan masalah ini menimbulkan kontroversi di negara itu.


Islamkan Turki


Demir menjelaskan buku-buku panduan tentang ujian masuk akan dicetak secara khusus bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran.

Meskipun agama diajarkan di kelas-kelas, beberapa kalangan khawatir materi agama di dalam ujian masuk universitas merupakan upaya agenda tersembunyi pemerintah untuk mengislamkan Turki yang sekuler.

Sebanyak 99% penduduk Turki beragama Islam dan selebihnya memeluk Kristen dan Yahudi.

Mereka juga mengecam perubahan peraturan baru-baru ini yang mengizinkan lulusan sekolah agama masuk ke universitas pilihan mereka, padahal sebelumnya mereka hanya diperbolehkan melanjutkan ke perguruan tinggi agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar