Rabu, 17 Oktober 2012

Tanda-Tanda Allah Mencintai Hamba-Nya (3)


3. Lemah Lembut
Lemah lembut merupakan pemberian Allah yang sangat berharga bagi hamba-Nya. Bila akhlak ini melekat pada diri kita, maka sudah sepantasnya kita bersyukur karena merupakan suatu tanda bahwa Allah mencintai kita.

Rasulullah Saw. bersabda, “Jika Allah mencintai suatu keluarga maka Dia memasukkan sikap lemah lembut kepada mereka.” (HR. Ibnu Abid Dunya) 

Selain hadits ini, banyak sekali keutamaan sikap lemah lembut baik yang disebutkan Al-Qur’an, hadits, maupun perkataan salafus shalih. 

Allah Swt. berfirman, “Maka disebabkan rahmat dari Allah lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka, sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (Qs. Ali Imran: 159)

Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah itu Maha Lembut dan menyukai kelembutan. Dan Dia memberi pada kelembutan itu sesuatu yang tidak diberikan Nya pada sikap kasar, dan apa yang tidak diberikan Nya pada yang lainnya.” (HR. Muslim)

“Barangsiapa yang terhalangi dari bersikap lemah lembut, maka dia telah terhalang dari seluruh bentuk kebaikan.” (HR. Muslim)

Demikianlah ayat dan hadits ini menjelaskan salah satu kedudukan yang utama sikap lemah lembut. Bahwa dengan adanya sikap tersebut pada diri sang hamba menunjukkan Allah merahmati dan mencintainya. 

Dengan sikap tersebut, luluhlah hati orang-orang sehingga mau menerima seruannya. Sebaliknya, apabila hamba tersebut bersikap kasar lagi berhati keras, sudah pasti orang-orang tidak menyukainya. 

Betapa berbedanya dua orang ini seperti bumi dan langit. Lemah lembut ibarat magnet yang mendekatkan hati manusia kepada orang yang memiliki sikap tersebut. 

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar