Selasa, 01 Mei 2012

Tanggal Kelahiran Nabi Muhammad

Beberapa waktu yang lalu seseorang bertanya kepada saya kapan tepatnya Nabi Muhammad Saw. dilahirkan. Lalu saya katakan kepadanya, Nabi Muhammad Saw. lahir di bulan Rabiul Awwal tahun gajah. Lalu dia bertanya tentang tanggalnya. Saya katakan para ulama berbeda pendapat tentang tanggalnya. Imam Ibnu Katsir di dalam Kitab Al-Bidayah wan Nihayah mengatakan para ulama ada yang menyebut tanggal 2, 8, 10, 12, dan 17. Teman saya bertanya lagi, bukankah dibuku-buku pelajaran sekolah tertulis 12 Rabi'ul Awwal? Saya jawab, itu pendapat sebagian ulama. Karena tidak adanya dalil yang mengatakan tanggal 12, maka kelahiran Nabi Muhammad tidak bisa diputuskan secara pasti tanggal 12. Bahkan menurut hasil hitung-hitungan ahli falak Mahmud Basya, Syaikh Ibnu Utsaimin, Syaikh Muhammad Sulaiman Al-Manshurfury, dan Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury, Nabi lahir tanggal 9 Rabiul Awwal. 

Saya balik bertanya kepada orang itu, apakah tanggal itu begitu penting bagi Anda? Dia menjawab, ya kalau tidak penting berarti agama yang kita anut tidak ada bedanya dengan Kristen. Kita tidak tahu secara pasti tanggal berapa Nabi Muhammad lahir, Kristen juga sama, mereka tidak tahu secara pasti kapan Yesus lahir dan wafat. Saya menanggapinya, kelahiran dan wafatnya Rasulullah Saw. bukanlah sebuah ibadah atau perayaan yang sakral di dalam Islam. Berbeda sekali dengan orang Kristen menganggap hari kelahiran dan wafatnya Yesus sebagai ibadah. Bila suatu momen dipandang bernilai penting, maka sudah pasti dalilnya jelas dan kuat. Sehingga para ulama pasti akan bersepakat. Artinya, tanggal kelahiran Nabi bukanlah esensi ajaran Islam karena ajaran Islam sudah jelas dan kuat landasannya. 

Para ulama sendiri bersepakat bahwa Nabi Muhammad lahir ditahun gajah. Karena, melimpahnya bukti sejarah akan hal itu. Ternyata dinamakan tahun gajah karena menyimpan sejarah yang harus kita renungkan. Bahkan Al-Qur'an mengabadikannya dalam surat Al-Fill. Oleh karena itu tahun kelahiran Nabi Muhammad lebih layak kita perhatikan daripada  tanggal kelahiran beliau. .

Nah, itulah Islam. Yang jelas sudah pasti berguna. Islam agama yang jelas, jadi sudah pasti berguna.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar