Minggu, 15 April 2012

Perbedaan Antara Orang yang Berilmu dengan yang Tidak Berilmu

Allah Swt. berfirman, “Katakanlah, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’” (QS. Az-Zumar: 9)

Sahabatku, ini adalah jalan yang terang. Karena begitu jelas jawabannya, ia tidak dicantumkan pada ayat selanjutnya. Dalam ilmu bahasa, pertanyaan tersebut dikenal dengan pertanyaan retoris, yaitu pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban karena sudah diketahui sebelum pertanyaan itu ada.

Jelas, jawabannya tidak akan sama selama-lamanya. Seorang yang berpengetahuan, dari caranya berpikir, bertindak, dan bertutur kata akan jauh berbeda dengan orang yang tidak berpengetahuan. Ayat ini adalah teguran bagi orang-orang yang berpengetahuan tetapi ternyata tingkah laku mereka seperti orang awam. Mereka yang tahu bahwa berzina itu dosa besar dan tahu akibatnya, namun tetap saja berzina, sama seperti orang yang tidak tahu akibat dari zina. Bahkan kemurkaan Allah jauh lebih besar ditujukan kepada orang seperti ini. Mereka melakukan hal yang dilarang Allah padahal mereka mengetahui bahwa hal tersebut dilarang oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar