Selasa, 24 April 2012

24 Jam Bersama Allah (3)

Janji Allah bagi Para Pendosa yang Bertaubat
"Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar: 53)

Sahabat, ayat ini membukakan pintu dengan seluas-luasnya bagi seluruh orang yang berdosa dan melakuan kesalahan. Meskipun dosa mereka telah mencapai ujung langit sekalipun, atau sebanyak buih dilautan, atau sebanyak bintang dilangit, atau sebanyak pasir di bumi. Seperti sabda Rasulullah Saw: "Jika kalian melakukan kesalahan-kesalahan (dosa) hingga kesalahan kalian itu sampai ke langit, kemudian kalian bertaubat, niscaya Allah Swt. akan memberikan taubat kepada kalian." (HR. Ibnu Majah)

Wahai para pendosa, wahai para pezina, mengapa kalian tidak bertaubat, bukankah Allah telah berjanji kepada kalian bahwa Dia akan mengampuni dosa-dosa kalian? Siapa yang dapat dipercaya janjinya selain Dia? Janganlah sampai karena banyaknya dosa menghalangimu untuk segera bertaubat karena halangan itu hanya datang dari setan bukan dari Tuhanmu.  

Para Malaikat pun Memohon Ampun bagi Orang yang Bertaubat
Di antara keutamaan orang-orang yang bertaubat adalah: Allah Swt. menugaskan para malaikat muqarrabin untuk beristighfar bagi mereka serta berdoa kepada Allah Swt. agar Allah Swt. menyelamatkan mereka dari azab neraka. Serta memasukkan mereka ke dalam surga. Dan menyelamatkan mereka dari keburukan. Mereka memikirkan urusan mereka di dunia, sedangkan para malaikat sibuk dengan mereka di langit. Allah Swt. berfirman:

"(Malaikat-malaikat) yang memikul 'arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang bernyala-nyala, ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka kedalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak -bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari(pembalasan?)kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yg besar." (QS.Ghaafir: 7-9).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar