Jumat, 13 April 2012

Kedahsyatan Istighfar (2)

Hikmah Terhalang Bagi Orang yang Berbuat Maksiat

“Al-Hikmah tidak akan turun pada hati yang di dalamnya terdapat keinginan pada maksiat.” (Muhammad bin Ka’ab al-Qarzhi)

Maksiat memadamkan cahaya hati sehingga ia tidak mampu mengeluarkan hikmah. Semakin besar keinginan berbuat maksiat, semakin sempit pula hikmah itu keluar dari akal pikiran kita.

Perhatikanlah hal ini, wahai para penuntut ilmu! Bagaimana mungkin engkau memperoleh hikmah sementara engkau berbuat maksiat? Hikmah hanya ada pada jiwa orang-orang yang taat, bukan orang yang gemar berbuat maksiat. Bukankah Allah Swt. telah berfirman, وَاتَّقُوا اللهَ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ “Bertakwalah kepada Allah, niscaya Allah akan mengajarimu.” (QS. al-Baqarah: 282)

Yaitu mengajari ilmu asli; yang dapat menyembuhkan dan memberikan petunjuk, yang diilhamkan oleh Allah hanya kepada orang yang bertakwa.

Sementara mereka yang rajin menuntut ilmu namun gemar berbuat maksiat atau tidak menjadikan ilmunya itu jalan menuju takwa kepada Allah. Tidak memperoleh ilmu melainkan ilmu dakhil atau ilmu yang tidak bermanfaat. Ilmu itu bukanlah inti permasalahan, tetapi hanya kulit luarnya saja. Maksiat telah melencengkan ilmu dari makna sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar