Rabu, 11 April 2012

Roda Masih Berputar

Bila kita melihat gurun pasir semakin luas tak berujung, ketahuilah di ujung kegersangannya akan dijumpai tanah yang menghijau dengan rimbun dedaunan. Bersama tangisan, akan ada senyuman. Bersama ketakutan, ada rasa aman. Bersama kegalauan, ada ketenangan. Sesudah malam akan datang fajar. أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ “Bukankah fajar shubuh telah dekat?” (QS. Hud: 81).

Para pejuang pembela agama, ulama shalihin, dan orang-orang beriman satu persatu meninggalkan kita. Dan di antara mereka ada orang yang tidak kita kenal. Kita hanya merasakan kebaikannya. Jangan engkau bersedih dan larut dalam kesedihan itu. Kesedihan yang kita tampakkan membuat orang-orang jahat bergembira dan bersuka cita. Kesyahidan dan kewafatan mereka adalah tanda-tanda bahwa gerbang kemenangan akan kita buka dan rebut kembali. إِنَّ رَحْمَتَ اللهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ “Sesungguhnya rahmat Allah dekat dengan orang-orang yang selalu berbuat baik.” (QS. al-A’raf: 56).

Roda akan terus berputar. Akan tiba masanya kejayaan ada di tangan. “Dan tatkala orang-orang mu’min melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata : ‘Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita’. Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan.” (QS. al-Ahzab: 22).

Jangan sampai kita tidak mempercayai lagi sunnah kemenangan yang akan diberikan-Nya kepada kita, seperti kata-kata orang munafik, “Dan ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya berkata: ‘Allah dan Rasul-Nya tidak menjanjikan kepada kami melainkan tipu daya’”. (QS. al-Ahzab: 12). Bukankah telah terbukti di pentas sejarah, orang-orang beriman yang sedikit jumlahnya mampu mengalahkan orang-orang kafir yang jumlah balatentaranya berkali lipat? أَلآَ إِنَّ نَصْرَ اللهِ قَرِيبُُ “Bukankah pertolongan Allah sudah dekat?” (QS. al-Baqarah: 214).

Wahai kaum muslimin. Kibarkan bendera optimisme. Kobarkan panji-panji jihad! Teguhkan kesabaran di dalam dada. يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200). “Ketahuilah, bahwa pertolongan itu selalu bersama kesabaran dan kelapangan itu selalu bersama kesulitan.” (al-Hadits).

Satu kesulitan tidak akan pernah mampu mengalahkan dua kemudahan. “Sesungguhnya, setelah kesulitan ada kemudahan. Sungguh, setelah kesulitan ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyrah: 5-6).

Sesungguhnya matahari telah terbit dan roda masih akan terus berputar. Sambutlah kemenangan yang dianugerahkan oleh Yang Maha Memberi kemenangan.

فَعَسَى اللهُ أَن يَأْتِيَ بِالْفَتْحِ أَوْ أَمْرٍ مِّنْ عِندِهِ

“Niscaya Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada kaum muslimin) atau kehancuran (kepada musuh-musuh Islam).” (QS. al-Maidah: 52).

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازًا

“Sesungguhnya Orang-orang bertakwa akan mendapat kemenangan.” (QS. an-Naba: 31).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar