Rabu, 07 Maret 2012

Membela Orang-Orang Saleh

Menurut Rasulullah, kita akan selalu mendapat pertolongan Allah selagi:

1. Para ulamanya tidak diperkaya oleh para pemimpinnya. Artinya, seorang ulama hendaknya dapat hidup mandiri tanpa bergantung dengan meminta-minta belas kasihan pemimpinnya. Hal itu juga bermanfaat untuk menjaga harga diri dan kewibawaannya dihadapan orang banyak. Sehingga dia tidak malu mengatakan yang haq itu haq dan yang batil itu batil.

2. Orang-orang baik tidak menganggap baik orang-orang jahat. Artinya, jangan sampai kita menganggap orang-orang jahat sebagai orang-orang baik. Kita harus mengatakan bahwa pelaku kejahatan sebagai orang-orang jahat.

3. Orang-orang jahat tidak menghinakan orang-orang baik. Artinya, jangan sampai orang-orang jahat diberi kesempatan untuk menghinakan orang-orang baik.

Syaikh Muhammad al-Ghazali sewaktu di penjara mendapat kabar ada seorang penulis yang menjelek-jelekkan Imam Hasan al-Banna. Dengan lantang beliau berkata, “Demi Allah, kalau kita memiliki kebebasan berpendapat dan punya kesempatan menjawab tulisan itu, sungguh pena-pena kita yang masih muda ini akan menghancurkan pena-pena yang mabuk dalam kesesatan itu!”

Demikianlah seharusnya seorang muslim bersikap atas musuh-musuh Islam. Karena kalau tidak, Allah tidak akan menolong kita, orang-orang yang kejam akan menguasai dan menindas kita. Kemudian Allah mendatangkan bencana demi bencana lainnya.

Semoga Allah senantiasa memberi kita petunjuk agar kita dapat selamat dalam mengarungi hidup yang hanya sesaat ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar