Kamis, 29 Maret 2012

Keutamaan Membaca Al-Qur'an

1. Rumah yang Penuh Kebaikan

“Sesungguhnya rumah yang penuh kebaikan adalah rumah yang dipenuhi dengan bacaan Al-Qur’an (oleh anggota keluarga yang ada di dalamnya).” (HR. Al-Hakim dan Ad-Darimi)

2. Satu Huruf Sepuluh Kebaikan

“Sesungguhnya Allah memberikan ganjaran pahala bagi kalian atas bacaan Al-Qur’an kalian. Yaitu, pada setiap huruf dengan sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim dianggap sebagai satu huruf.” (HR. Al-Hakim dan Ad-Darimi)

“Siapa saja yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an) maka baginya kebaikan dari huruf tersebut dan kebaikan sepuluh kali lipat yang serupa dengannya. Tidaklah aku mengucapkan alif laam miim dianggap satu huruf. Akan tetapi alif dianggap satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

3. Sebaik-baik Muslim

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari, Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ad-Darimi)

4. Mendapat Ketenangan, Rahmat, Dikelilingi Malaikat, Kebanggaan Allah Swt.

مااجتمع قوم فى بيت من بيوت الله تعلى يتلو ن كتاب الله ويتدارسونه بينهم الانزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وحفتهم الملائكة وذكرهم الله فيمن عنده

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di sebuah rumah (masjid) dari rumah-rumah Allah kemudian mereka membaca Kitabullah dan saling mengajarkannya di antara mereka melainkan akan turun ketenangan kepada mereka, mereka akan dinaungi dengan rahmat-Nya, para malaikat akan mengelilinginya, dan Allah akan menceritakan mereka kepada siapa saja yang ada bersama-Nya. Siapa saja yang lambat dalam mengamalkan Al-Qur’an maka (ketahuilah bahwa sesungguhnya) nasab keturunannya tidak akan dapat membuat (derajatnya) naik.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Abu Daud)

5. Satu Ayat Al-Qur’an Lebih Baik Daripada Unta Besar

“Siapa di antara kalian yang ingin jika pergi pada pagi hari ke Buthhan atau Aqiq kemudian dari tempat itu dia membawa dua unta Kaumawain (yang badannya besar) yang dia dapatkan bukan dari perbuatan dosa atau dengan memutuskan tali silaturahim?” Kami berkata, “Wahai Rasulullah, kami semua ingin seperti itu.” Beliau bersabda, “Tidakkah setiap orang dari kalian pergi ke masjid kemudian mempelajari atau membaca dua ayat dari Kitabullah, itu adalah lebih baik daripada dua ekor unta. Tiga ayat Al-Qur’an lebih baik daripada dua ekor unta. Tiga ayat Al-Qur’an lebih baik daripada tiga ekor unta. Empat ayat Al-Qur’an lebih baik daripada empat ekor unta dan begitu pula beberapa ekor (banyak) unta.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

6. Bersama Para Malaikat atau Mendapat Dua Pahala

“Orang yang pandai membaca Al-Qur’an maka dia akan bersama para malaikat yang mulia dan baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan mengalami kesulitan dalam membacanya, maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Imam Al-Qurthubi berkata dalam Tafsir-nya, “Dua pahala yang diterimanya adalah karena bacaannya dan karena dia mengalami kesulitan dalam membacanya. Derajat orang yang pandai membaca Al-Qur’an tentu lebih tinggi dari itu semua, karena dia pun pernah melewati masa-masa sulit dalam membaca Al-Qur’an ketika pertama kali mempelajarinya. Kemudian derajatnya terus meninggat hingga menyerupai derajat malaikat.”

7. Lebih Baik Daripada Berdoa

Allah berfirman, “Siapa saja yang (hidupnya) disibukkan dengan (membaca dan mempelajari) Al-Qur’an dan mengingat-Ku daripada meminta (berdoa) kepada-ku maka Aku akan memberikan kepadanya sesuatu yang lebih baik daripada apa yang Aku berikan kepada para pemohon.” (HR. Tirmidzi)

8. Jauh Sekali Keistimewaan Al-Qur’an dengan Keistimewaan Ucapan-Ucapan Lainnya

“Keistimewaan firman Allah dibandingkan ucapan-ucapan lainnya seperti keistimewaan Allah dibandingkan makhluk-Nya.” (HR. Tirmidzi dan Ad-Darimi)

9. Ditinggikan Derajatnya

ان الله يرفع بهذ الكتاب أقواما ويضع اخرين

“Sesungguhnya Allah, dengan kitab ini (Al Qur'an) meninggikan derajat kaum-kaum dan menjatuhkan derajat kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Maksudnya: Barangsiapa yang berpedoman dan mengamalkan isi Al Qur'an maka Allah akan meninggikan derajatnya, tapi barangsiapa yang tidak beriman kepada Al Qur'an maka Allah akan menghinakannya dan merendahkan derajatnya.

10. Berdialog dengan Tuhan

Apabila seorang ingin berdialog dengan Tuhannya maka hendaklah dia membaca Al Qur'an. (HR. Ad-Dailami dan Al-Baihaqi)

11. Jalan Keselamatan Dunia dan Akhirat

"Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw." (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar