Minggu, 04 Maret 2012

Jangan Hanya Bisa Menunggu

“Semut telah ribuan kali mencoba naik, lebah terbang hilir mudik, dan serigala berjalan melintasi hutan dan padang untuk mencari makan.” (Dr. Aidh al-Qarni).

Bekerjalah, berjuanglah dengan penuh semangat dan kesungguhan. Sesungguhnya rezeki itu tidak datang dengan sendirinya kepada Anda, melainkan harus dicari. Burung terbang dipagi hari dan disiang hari perutnya kenyang. Rezeki itu di dapat bukan dengan cara Anda melamunkannya dari pagi hingga siang, tetapi dicari dengan segenap kemampuan Anda; bakat dan potensi yang Anda miliki.

Kesuksesan Anda sangat ditentukan dari bertindak atau tidaknya Anda. Jika Anda segera bertindak ketika melihat peluang di depan mata, Anda akan mendapatkan kesuksesan itu. Tetapi jika Anda hanya menunggu dan berangan-angan saja, Anda tak lebih dari sekedar katak dalam tempurung. Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda cita-citakan selama Anda hanya bisa diam dan menunggu.

Jangan pernah takut gagal dengan tindakan Anda tersebut. Justru dari kegagalanlah kita dapat melihat peluang untuk sukses dan menang. Dari kegagalanlah kita dapat merasakan manisnya kemenangan. Pengusaha terkenal seperti Sichiro Honda pernah mengatakan bahwa banyak orang melihat kesuksesannya, padahal kesuksesannya itu hanya 1 % dari 99 % kegagalannya. Itu artinya, dia sangat menghargai sebuah momen kegagalan. Kegagalan adalah guru terdepan dalam menunjukkan arah kejayaan.

Bertindak membawa Anda pada ilmu yang lebih baru, semangat baru, jiwa yang lebih segar dan pemikiran yang lebih jernih. Seperti halnya air yang terus mengalir, ia dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Sedangkan mereka yang hanya bisa berdiam diri, pemikirannya dangkal, hatinya keruh, tidak mampu melihat realitas, semangatnya cepat kendor, dan merusak orang lain. Lihatlah air yang tergenang, tidak mengalir, keruh, bau, kotor, sarang penyakit, dan sama sekali tidak bermanfaat bagi orang lain.

Lihatlah alam ini, matahari, planet, bintang, bulan, burung-burung, dan seluruh ciptaan-Nya bekerja dengan penuh kesungguhan. Semuanya bertujuan untuk mensucikan asma-Nya. Burung terbang mencari makan, matahari memancarkan sinarnya, bumi berputar mengelilingi matahari, akar pohon yang terus menghujam tanah mencari air, dan lain sebagainya. Lalu mengapa Anda hanya bisa menunggu dan menunggu?

Bekerjalah, bertindaklah, jangan pernah takut gagal. Allah tidak memandang Anda dari segi keberhasilan atau kegagalan Anda, tetapi memandang dari proses yang Anda jalani untuk meraih keberhasilan itu. Sukses itu adalah sebuah perjalanan panjang. Jika Anda berhenti ditengah jalan, berarti Anda bukan orang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar