Rabu, 07 Maret 2012

Manfaat Ilmu

Salah satu manfaat memiliki ilmu adalah mengingatkan kita disaat kita ingin berbuat maksiat. Ilmu datang meluruskan yang bengkok dan memberitahukan mana yang benar dan yang salah.

Sungguh sangat merugi orang-orang yang malas menuntut ilmu, karena kepekaannya terhadap dosa menjadi tumpul, dan semangatnya dalam beramal menjadi lemah. Allah Swt. di dalam Al-Quran mengaitkan takut kepada-Nya dengan orang-orang yang berilmu, dan mengaitkan kemaksiatan dengan orang-orang yang jahil.

Luangkanlah waktu beberapa menit sehari untuk membaca. Jika engkau ingin membaca lebih dari waktu itu, maka itu lebih baik. Karena ilmu itu sesungguhnya makanan bagi jiwa. Bagi jiwa-jiwa yang lapar, membaca dapat mengenyangkannya. Bahkan menuntut ilmu, menurut Imam Ahmad, hadir bersama dengan tarikan nafas kita.

Setelah engkau membaca, cobalah engkau renungkan secara mendalam apa yang telah engkau baca itu, dan katakan dalam hati, “Apa manfaat yang bisa saya ambil dari tulisan ini?” Kaitkanlah dengan kondisimu saat ini meskipun apa yang engkau baca adalah sejarah masa lalu.

Setelah engkau melalui perenungan itu, cobalah menuliskan renungan tersebut. Dengan cara seperti itu, kita akan mendapatkan pelajaran yang bermanfaat bagi jiwa dan akal kita. Kita akan mudah menyerap, mengamalkan, dan bahkan mengajarkannya kepada orang lain.

Lihatlah sahabatku, dari kegiatan membaca, engkau mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar