Minggu, 04 Maret 2012

Tiga Hiburan dari Allah

Allah telah menghibur saya dengan tiga hiburan. Hiburan pertama adalah saat sayasedang bermunajat kepada Allah. Dengan cara ini, saya dapat berkomunikasi langsung dengan Allah. Saya dapat mencurahkan segala isi hati, kegundahan dan keluh kesahsaya kepada Allah. Allah tidak pernah mengeluh dengan banyaknya keluhan saya. Dan tidak pernah marah karena permintaan saya. Malah Dia sangat senang dengan apa yangsaya minta. Karena dengannya, saya meminta kepada Zat Yang Maha Memberi.

Hiburan kedua adalah saat saya membaca buku. Dengan cara ini, seolah-olah sayaberdialog dengan sang penulis buku. Saya berdiskusi dan mengadakan tukar pikiran. Akhirnya saya sibuk dan asyik dengan dunia saya sendiri. Yaitu sebuah dunia ilmu pengetahuan dan pencerahan. Buku adalah kawan sejati yang tidak pernah meminta tetapi selalu ingin memberi. Saya terbawa hanyut dalam percakapan dengan kawan sejati ini. Saat yang lain menyakiti, ia malah mengajak saya bersahabat. Saat yang lain menghina, ia datang membawa hiburan untuk saya.

Hiburan ketiga adalah saat saya menulis. Dengan cara ini, saya dapat menuangkan ide-ide, pemikiran, dan pendapat-pendapat saya dengan bebas. Saya dapat mengekspresikan diri saya melalui apa yang saya tulis. Saya dapat mencurahkan isi hatisaya dengan menulis. Saya dapat mengutarakan kebencian, cinta, persahabatan lewat cara ini. Karena ia adalah salah satu hiburan utama bagi saya, maka saya tidak akan pernah lepas jauh-jauh darinya. Setiap kali saya menulis, saya merasa senang dan bahagia.

Sahabat, engkau pasti memiliki cara tersendiri untuk menghibur dirimu. Dan bisa jadi cara saya berbeda dengan caramu. Bisa saja engkau anggap menonton film kartun adalah hiburan bagimu, sedangkan bagi yang lain tidak. Bagi yang lain melihat pemandangan yang indah adalah sebuah hiburan utama, sedangkan bagimu tidak. Hiburan yang bermanfaat penting kita lakukan untuk mengisi ruang-ruang kosong ditengah kesibukan kita. Ia dapat membangkitkan semangat yang semula kendor atau memberikan inspirasi baru untuk melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar